NewBie Codeigniter | Eps #1

Hehehe… Walaupun baru mencoba, boleh kan berbagi ilmu…, bagi para expert, mohon comment-nya ya apabila ada kekurangan atau kesalahan..,wong saya cm otodidak kok.. Nuwun….

Okey,,let’s begins…

Codeigniter merupakan salah satu dari sekian banyak framework PHP. Codeigniter sendiri dikembangkan oleh Rick Ellis. Codeigniter dikembangkan bertujuan untuk menghasilkan sebuah framework yang dapat digunakan untuk pengembangan proyek pembuatan website secara lebih cepat dibandingkan pembuatan website secara koding manual, dengan menyediakan banyak pustaka yang dibutuhkan dalam pembuatan website, dengan antarmuka yang sederhana dan struktur logika untuk mengakses pustaka yang dibutuhkan. Codeigniter memfokuskan pada pembuatan website dengan meminimalkan pembuatan kode untuk pembuatan website.

Kenapa Memilih Codeigniter ?

Telah diketahui banyak framework PHP yang bertebaran, tetapi mengapa memilih Codeigniter? Di bawah ini alasan dari pemilihan Codeigniter sebagai framework yang akan digunakan :

  1. Codeigniter gratis
    Codeigniter dibawah lisensi Apache/BSD/style open source, sehingga kita dapat menggunakan sesuai dengan keinginan kita. Dan satu yang lebih penting lagi, Berkah. (Bukan Barang Bajakan, Inputan Yang Baik Akan Menghasilkan Output Yang Baik)
  2. Codeigniter dapat berjalan di PHP 4 dan PHP 5
    Codeigniter dikembangkan yang tetap kompitibel dengan PHP 5, walaupun saat ini PHP telah mencapai versi ke 5. Akan tetapi, disarankan untuk memakai PHP 5, karena memberikan keuntungan yang lebih baik dari penanganan secara objek atau berorientasi objek.
  3. Codeigniter ringan dan cepat
    Codeigniter secara default meload hanya beberapa pustaks saja, tidak seperti framework lain yang meload pustaka yang lebih banyak. Sehingga ringan dan cepat dijalankan. Kita juga dapat meload pustaka secara dinamik, sesuai dengan pustaka apa saja yang akan kita gunakan. Jadi sistem menjadi ringan dan cepat.
  4. Codeigniter menggunakan MVC
    Codeigniter menggunakan motode Model View Controller (MVC), yang memisahkan antara logic / logika layer dengan presentation / tampilan layer. Sehingga tugas dapat dipecah-pecah.
  5. Codeigniter menghasilkan clean URL
    Codeigniter menghasilkan clean URL dan search engine friendly, yang lebih baik daripada URL dengan metode “query string”. Codeigniter menggunakan pendeketan / metode segemen URL.
  6. Pustaka yang lengkap
    Codeigniter dikembangkan dengan banyak sekali pustaka yang dibutuhkan dalam pembuatan website. Seperti accessing database, sending email, form data validation, maintaining session, manipulating images, berkerja dengan XML-RPC dan lebih banyak lagi.
  7. Dokumentasi yang sangat bagus
    Salah satu ciri dari sebuah framework yang benar-benar dikembangkan adalah terdapat dokumentasi yang sangat baik. Codeigniter memiliki dokumentasi yang sangat baik, dari cara instalasi hingga penggunaan pustaka-pustaka diterangkan dalamnya.

Ref :
http://www.putraweb.net
http://www.codeigniter-id.com
Re-post :
http://adnantawaffani.net/2009/08/04/jatuh-hati-sama-codeigniter/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s